• Banyak yang salah kaprah pasang oil-cooler. Maksudnya memaksimalkan pendingingan dan pelumasan mesin, justru salah besar. Jalur oli yang dipotong masuk menuju pendingin oli malah dibikin bercabang. Akibatnya aliran pelumas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal.
  • Kebanyakan yang pasang oil-coolerjalurnya dibikin paralel. Ini salah besar.
  • Maksudnya, diparalel itu aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter. Nah, dengan begini aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.
  • Nah, biar tidak salah kaprah. Caranya dibikin seri. Aliran pelumas dari pompa oli masuk semua menuju oil-cooler. Dari situ didinginkan dan diteruskan menuju mesin. Otomatis pelumasan maksimal dan bikin awet mesin.

  • Berikut dicontohkan di Honda Tiger. Dari karter kiri-depan dekat engine mounting dilubangi. Posisinya pas ada bulatan seperti bekas dudukan kabel rpm . Gunakan mata bor 10 mm sedalam kira-kira 2 cm. Ingat, arah lubang harus benar menghadap ke aliran dari pompa oli.
  • Semua oli masuk menuju oil-cooler. Untuk itu, aliran baru harus dibuatkan dari bak kopling (tutup girboks) kanan. Gunakan mata bor 10 untuk melubangi dudukan nipel.

  • Sekarang tinggal pasang. Alirannya, dari lubang pertama di karter menuju in oil-cooler. Berikutnya dari slang ex oil-cooler menuju lubang kedua (tutup girboks). “Dengan begini 100% oli masuk pendingin oli
  



Sumber : skullsmokers.wordpress.com

Entri Video

Popular Today

 
Top