Dampak Bahaya Insomnia Terhadap Kesehatan Kita 


Insomnia yang sering kita sebut “Tidak Tidur” adalah sebuah ketidakmampuan seseorang untuk tidak tidur tepat waktu atau ketidakmampuan untuk terjaga tidur dalam batas waktu normal 6-7 jam, hanya tidur sesaat. Insomnia juga sering digunakan untuk mendeskripsikan keadaan dimana kita terbangun dari tidur tidak merasa segar ataupun tenaga kita tidak terasa pulih. Menurut Dr. Mark Mahowald, Professor of Neurology at the University of Minnesota Medical School and Director of the Minnesota Regional Sleep Disorders Center at Hennepin County Medical Center, Insomnia mengacu pada ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah waktu istirahat tidur yang cukup yang dibutuhkan seseorang untuk bangun dengan perasaan nyaman.  

Insomnia merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh orang orang muda yang galau atau para pekerja yang padat aktivitas. Insomnia bisa menjadi insomnia akut, berlangsung satu sampai beberapa malam, atau kronis, bahkan berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Ketika Insomnia berlangsung lebih dari sebulan itu dianggap insomnia akut. Menurut to the National Center for Sleep Disorders Research at the National Institutes of Health, sekitar 30-40% orang dewasa pernah mengalami beberapa gejala insomnia dalam beberapa tahun tertentu, dan sekitar 10-15% mereka mengatakan mereka mengidap insomnia kronis. Orang yang memiliki masalah tidur pada malam hari selama sebelun atau setahun secara terus menurus jarang. Lebih sering, orang yang mengalami insomnia kronis tidur mereka akan terganggu dalam beberapa hari, kemudian diikuti dengan tidur yang berkualitas dalam beberapa malam sebelum masalah gangguan tidur kembali muncul.Insomnia bisa memang disebabkan oleh gangguan yang terjadi dalam dirinya, tetapi lebih sering disebabkan oleh beberapa gejala dari beberapa penyakit atau kondisi lainnya. Setengah dari semua orang yang terjangkit insomnia menyebutkan penyebab mereka mengidap insomnia lebih disebabkan karena stress atau khawatir. Dalam kasus insomnia yang diakibatkan karena stress, keparahan kesulitan tidur bisa terganggu sejauh mana situasi tingkat stress berlangsung. Seperti terlalu memikirkan kejadian yang menggangu pikiran seperti kehilangan orang yang sangat dicintai, kehilangan pekerjaan, terjadi perselisihan dalam hubungan berpacaran maupun perkawinan. Menanti datangnya hari pernikahan, liburan, hari libur sering juga kadang kadang bisa menyebabkan kita kesulitan tidur, karena saking tidak sabarnya menunggu hari hari tersebut. Insomnia juga bisa disebabkan oleh adanya perubahan aktivitas atau perubahan jadwal kerja yang memaksa kita untuk tidur hanya sebentar.Jika anda memiliki permasalahan dalam tidur, sangat penting mengidentifikasi apakah insomnia timbul didasari oleh penyakit lain atau insomnia timbul karena suatu kondisi aktivitas yang kita lakukan. Kadang-kadang insomnia muncul karena disebabkan oleh nyeri, saluran pencernaan, dan terlalu memikirkan hal yang kita khawatirkan. Sering kali insomnia mempurburuk kondisi, seperti menyebabkan kelelahan dan memyebabkan kesulitan untuk berpikir jernih. Untuk insomnia yang disebabkan karena penyakit medis segera konsultasikan hal tersebut ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.Kecenderungan insomnia diidap oleh orang tua dan wanita. Perempuan enderita kerugian tidur lebih banyak sehubungan dengan menstruasi, dan kehamilan. Laju insomnia meningkat disebabkan memang karena faktor usia, tetapi paling sering insomnia disebabkan karena faktor medis lainnya.
  1. pilek dan alergi
  2. tekanan darah tinggi
  3. penyakit jantung
  4. penyakit tiroid
  5. pengendalian kelahiran
  6. asma
  7. obat sakitdepresi (terutama antidepresan SSRI)
Gejala insomnia antara lain:
  1. kesulitan tidur
  2. sering terbangun pada malam hari
  3. kesulitan untuk tidur kembali
  4. bangun terlalu pagi
  5. tidur yang tidak menyegarkan
  6. kantuk di siang hari
  7. kesulitan berkonsentrasi
  8. suka marah marah
MENGATASI INSOMNIA :
Terlepas dari apa yang menyebabkan masalah tidur Anda, penting untuk membangun dan memelihara kebiasaan tidur yang sehat. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda tidur nyenya pada malam hari:

  1. Membentuk rutinitas tidur yang teratur dan menentukan jadwal untuk tidur dan bangun Jangan makan atau minum terlalu banyak ketika mendekati jam waktu tidur
  2. Ciptakan lingkungan tidur yang gelap, sejuk dan nyaman
  3. Hindari suara mengganggu
  4. Mengurangi komsumsi atau tidak mengkomsumsi kafein, terutama di malam hari
  5. Hindari alkohol dan nikotin, terutama mendekati waktu tidur
  6. Sering berolahraga, tapi tidak dalam waktu tiga jam sebelum waktu tidur
  7. Hindari tidur siang, khususnya di sore hari
  8. Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.
  9. Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.
  10. Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan. Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi, anda akan berlatih agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda akan semakin jernih dan anda akan mendpatkan tidur yang lebih berkualitas lagi.

Artikel lainnya :
Cara Berbisnis Online 
Game
Honda CB
Kuliner 
Musik
Berbagai Tutorial

Entri Video

Popular Today

 
Top