Berbagai Macam Aliran Modifikasi Motor
Di kesempatan kali ini saya mau ngerangkum tentang aliran modifikasi yang menjamur di Indonesia. Di era-globalisasi ini aliran modifikasi sangat berkembang pesat dan banyak muncul aliran-aliran modifikasi baru, eit... tapi aliran modifikasi lama pun juga masih banyak yang menggandrunginya. Gak usah panjang lebar saya basa basinya, soalnya saya gak pinter-pinter amat soal nulis. hahaha...
Macam-macam Aliran Modifikasi ini saya ambil dari berbagai sumber :
BOBBER
Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama
prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap
standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang
cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.
CHOPPER
Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama
fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain
khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh
besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.
HOTROD
Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa
dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan
biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka
beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat
yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff +
pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran
hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.
JAPS STYLER
Aliran Jap's Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin
yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih
tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan
belakang mungil. Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap's Style
akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan
penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan
belakang dibuat lebih panjang dari rangka.
BRATSTYLE
Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah
artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama
sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya
workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop
lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban
yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan
gelap, dan lainnya.
SCRAMBLER
Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang
membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini
biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri
yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di
samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off
road bahkan mendaki pegunungan.
CAFE RACER
Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi
caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe.
Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan
yang menggunakan fairing baik full maupun half. Aliran cafe racer punya ciri
khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis
posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor
dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain
adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke
belakang n ke atas kaya buntut tawon
Itulah berbagi macam modifikasi yang saya ketahui kurang lebihnya mohon maaf, kalau pun ingin menambahkan silahkan. hehehe..